Minggu, 20 November 2011

Maraknya Penjual Makanan yang Nakal


Saat ini kita sering menjumpai aneka makanan yang menarik untuk dimakan. Dari segi warnanya yang mencolok, bentuk dan rasa yang membuat mata tak ingin pergi sebelum mencobanya. Tapi tahukah kalian semua, mungkin bisa dikatakan beberapa dari mereka menggunakan bahan-bahan yang tidak baik bagi tubuh kita. Sebut saja mereka bisa menggunakan bahan pewarna pakaiaan, boraks, formalin, biang gula,tawas atau bahan kimia lainnnya untuk membuat campuran  aneka makanan. Tak hanya untuk campuarannya saja, bahan utamanya pun terkadang mereka pilih yang sudah tidak layak pakai,misalnya daging sapi, daging ayam, bahkan ikan yang mereka gunakan itu tidak layak pakai.
Contoh kasus beberapa bulan kemarin mungkin daging ikan untuk pembuatan somay atau otak-otak disebut-sebut bukanlah ikan tenggiri asli, tetapi produsen nakal itu menggunakan ikan sapu-sapu yang berasal dari kali. Tak hanya itu, mereka juga memakai campuran bahan seperti boraks atau formalin untuk awetannya. Lalu kasus lainnya dalam pembuatan bakso, si produsen memakai daging sapi yag tak layak, bahkan ada produsen yang menggunakan dagingnya bukan dari daging sapi, kasus ini pernah terangkat oleh media beberapa tahun lalu.
 Produsen-produsen nakal ini hanya memikirkan keuntungan yang mereka dapat dari hasil penjualan sehingga menekan harga produksinya dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengganti bahan yang seharusnya layak pakai dengan yang seperti itu. Mereka seharusnya tahu dampak apa yang akan mereka timbulkan untuk para konsumennya. Apalagi kalau rata-rata para konsumennya adalah anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Mereka bisa saja menghambat pertumbuhan sianak, atau menyebabkan sianak terkena penyakit yang menyerang daya tahan tubuh sianak nantinya. Mereka yang seharusnya mendapatkan makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi pertumbuhannya malah diracuni oleh orang-orang yang serakah dan tidak bertanggung jawab.
Sebagai generasi bangsa kita seharusnya bisa berhati-hati terhadap apa yang kita makan dan orang sekitar kita makan. Kita harus jeli untuk melihat makanan yang baik. Makanan yang menarik itu belum tentu sehat dan baik untuk tubuh kita, tetapi makanan sehat itu pasti baik untuk tubuh kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Lovina Ramadhani Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template