Minggu, 22 April 2012

PASAR


Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk memperoleh barang dan jasa. Pasar diklasifikasi menjadi dua, yaitu Pasar Tradisional dan Pasar Modern. Pasar Tradisional  merupakan tempat bertemunya para penjual dengan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi jual beli secara langsung dan ada proses tawar menawar biasanya. Bangunan yang dipakai biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan desaran yang dibuka oleh penjual atau pihak pasar. Kebanyakan yang dijual adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, pakaian, barang elektronik, jasa dan lain-lain. Sedangkan pasar modern adalah pasar dimana penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung, melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang. Berada dalam bangunan besar dan pelayanannya dilakukan secara mendiri atau dilayani oleh pramuniaga.

Struktur pasar dibagi menjadi dua yaitu:
1.       Pasar persaingan sempurna : pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen
2.       Pasar persaingan tidak sempurna : penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan. Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi tiga yaitu :
a)      Pasar monopoli dan monopsoni
Pasar yang hanya terdapat satu penjual dan suatu jenis barang tertentu.
b)      Pasar persaingan monopolistis
Pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk masing-masing.
c)       Pasar oligopoli
Pasar yang hanya terdapat beberapa penjual.

0 komentar:

Posting Komentar

Lovina Ramadhani Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template