Minggu, 20 Januari 2013

Dampak Banjir



            Banjir dijakarta yang terjadi pada hari kamis, sudah membuat berbagai dampak dalam kegiatan yang akan dilakukan oleh warganya dan berdapak besar juga bagi perekonomian indonseia. Jakarta yang meruapakan pusat perekonomian di negara kita Indonesia pada hari itu hampir lumpuh, dikarenakan jalanan yang terendam akibat banjir, pusat perbelajaan yang terendam juga dan gedung perkantoran yang tak luput dari genangan air.
            Pada berita yang ditayangkan oleh beberapa stasiun televisi, dijelaskan bahwa akibat banjir perekonomian kita merugi milyaran rupiah. Bagaimana tidak jalanan yang menjadi pusat atau akses menuju perkantoran terendam hingga sebetis orang dewasa. Itu yang mengakibatkan banyak perkantoran dan pusat perbelanjaan yang ditutup.
            Belum lagi kerugian yang dialami oleh warga yang tertimpanya. Semuanya ikut terendam oleh air yang kotor itu. Tak sedikit dari mereka yang kehilangan harta benda akibat rumah yang terendam oleh banjir. Mungkin kalo mereka yang memiliki rumah yang berlantai 2, mereka bisa tetap menetap dan menyelamatkan harta bendanya. Tetapi bagi mereka yang rumahnya hanya memiliki satu lantai, jangankan menyelamatkan harta benda, mereka bisa menyelamatkan dan membawa keluarga yang ada itu sebuah keberkahan bagi mereka. Tak sedikit kita melihat diberita hanya tertinggal atap saja yang tampak dari bagian rumah mereka.
            Penyakit yang muncul akibat banjirpun sangatlah banyak, dan yang paling memprihatinkan ketika diserang oleh para bayi atau balita. Berbagai penyakit seperti diare, gatal-gatal pada kulit dan sebagainya dapat menyerang para korban banjir tersebut. Diparah kan lagi oleh faktor tempat pengungsian yang tidak memadai, sumber makanan yang tidak mencukupi, pakaian yang seadanya dan faktor air bersih yang sulit ditemukan pada saat banjir.
            Setelah banjir surutpun, mereka harus bekerja bakti untuk membersihkan rumah dan lingkungan sekitar dari lumpur yang menggunung sisa banjir. Lumpur-lumpur yang dibawa oleh air banjir biasanya sulit untuk dibersihkan, belum lagi sampah yang terbawa saat banjir. Mereka pun haru bekerja keras untuk membersihkan dan mengembalikan keadaan rumah mereka seperti semula.

0 komentar:

Posting Komentar

Lovina Ramadhani Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template